RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
KONSELING PERORANGAN (KP)
A.
Spesifikasi Kegiatan
1.
Sasaran layanan : AI
2.
Bidang Bimbingan : Belajar, pribadi
3.
Fungsi layanan :
Pencegahan dan Pengentasan
4.
Tujuan Layanan : Mengentaskan Permasalahan
5.
|
|
|
6.
|
|
B.
Pelaksanaan layanan
1.
Hari/Tanggal :
Kamis 10 Mei 2013
2.
Waktu : Pukul 10.15 WIB
3.
Tempat : Ruangan BK SMAN 5 Padang
4.
Fasilitas : 2 buah kursi, meja, tisu, dan alat tulis
5.
Penyelenggara
Layanan : Fauzi, S.Pd,.Kons
6.
Deskripsi Umum
Prosedur dan Langkah Pelaksanaan KP:
a.
Tahap Penghantaran
·
Menerima klien
dengan terbuka dan apa adanya.
·
Bersikap positif
terhadap klien bahwasanya klien pada dasarnya adalah baik.
·
Menciptakan suasana
yang kondusif demi berlangsungnya proses konseling dengan lancar.
·
Melakukan
penstrukturan sebagian karena klien telah pernah melakukan konseling
sebelumnya.
·
Meminta klien untuk
mengungkapkan permasalahan yang dialaminya.
b.
Tahap Penjajakan
Pada tahap ini terungkaplah bahwa :
·
Klien tidur sekitar
jam 11.30 malam.
·
Kegiatan yang
dilakukan klien malam hari adalah makan, mengerjakan PR, nonton, membereskan
buku – buku dan tidur.
·
Klien memiliki
ponsel tapi tidak memanfaatkan alarm ponselnya.
·
Klien bangun jam 6.25
pagi, klien sudah di bangunkan oleh orang tuanya, tapi klien yang susah
tidurnya.
·
Menjelang berangkat
ke sekolah kegiatan yang dilakukan klien adalah mandi dan memprint tugas.
c.
Tahap Penafsiran
Klien terlambat datang ke sekolah karena telat bangun dan alarm pun tidak
dimanfaatkan dan klien pun tidak mampu memanfaatkan waktu dengan baik.
d.
Tahap Pembinaan
·
Klien di ajak untuk
berfikir apabila klien terus – terusan terlambat dan tidak mampu memanfaatkan
waktu, apa yang akan terjadi dan bagaimana dampaknya terhadap proses
belajarnya. Karena bagi siswa yang terlambat baru bias masuk local pada jam ke
3, atau jam 08.45
·
Klien juga
diarahkan untuk bisa berfikir rasional bahwa jika tidak ada usaha tentu saja
tidak ada hasil.
·
Klien di ajak
berfikir mengenai penggunaan waktu nya sehari – hari serta perbaikan yang di
inginkannya.
·
Klien diberi
motivasi bahwa sesungguhnya klien mampu.
e.
Penilaian
Guru pembimbing memberikan penilaian segera dengan
bertanya kepada klien tentang pemahaman baru, perasaan klien, dan apa yang akan
dilakukan klien kedepanya setelah konseling.
C.
Evaluasi
Ø Cara penilaian
Penilaian yang
dilakukan terhadap klien adalah dengan cara menanyakan langsung kepada klien
yang berkenaan dengan UCA (Understanding, Comfort, Action)
a.
Understanding
(Pemahaman)
·
Klien memahami
bahwa jika tidak ada usaha maka tidak ada penyelesaian dari masalahnya.
·
Klien memahami
bahwa tidak ada salahnya jika ia mencoba untuk merubah penggunaan waktunya
sehari – hari.
·
Klien menyadari
bahwa datang terlambat ke sekolah menimbulkan kerugian pada dirinya.
b.
Comfort (Perasaaan)
·
Klien menyadari
bahwa sikapnya yang sering telat bangun tersebut hanya akan membuatnya rugi
karena ketinggalan pelajaran sehingga timbul perasaan yang tidak nyaman dan
bahkan akan mengganggu proses belajar berikutnya di kelas.
c.
Pelaksanaan
(Action)
·
klien akan tidur
siang sepulang sekolah agar tubuh mendapat istirahat yang cukup.
·
Klien akan memasang
alarm pada ponselnya
·
Klien akan bangun
jam 5.30 pagi.
·
Setelah bangun,
klien sholat, mandi, sarapan dan berangkat ke sekolah jam 6.30 WIB.
·
Klien akan
melaksanakan kegiatannya tersebut secara rutin.
D.
Tindak Lanjut
Klien diminta
untuk melaporkan perkembangannya dan mengkonsultasikannya kembali kepada guru
pembimbing berkenaan dengan masalah yang dihadapi klien.
Mengetahui,
Padang, 1 Mei 2013
Kepala Sekolah Koordinator BK Pelaksana Layanan
( ) ( ) Fauzi, S.Pd,.Kons
NIM. 11060206
0 komentar:
Post a Comment