Banner 468 x 60px

 

Thursday, September 5, 2013

Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)

0 komentar


Text Box: RPL – L.5RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
KONSELING PERORANGAN (KP)

A.       Spesifikasi Kegiatan
1.         Sasaran layanan                    : AI
2.         Bidang Bimbingan               : Belajar, pribadi
3.         Fungsi layanan                     : Pencegahan dan Pengentasan
4.         Tujuan Layanan                   : Mengentaskan Permasalahan
5.        

 
Proses Kedatangan Klien     :       Datang Sendiri

 
                                                     Panggilan

 
                                                     Referal (dari)
6.     

 

 
Proses Pelaksana Layanan   :      Lansung          Jarak Jauh
B.        Pelaksanaan layanan
1.         Hari/Tanggal                        : Kamis 10 Mei 2013
2.         Waktu                                  : Pukul 10.15 WIB
3.         Tempat                                 : Ruangan BK SMAN 5 Padang
4.         Fasilitas                                : 2 buah kursi, meja, tisu, dan alat tulis
5.         Penyelenggara Layanan       : Fauzi, S.Pd,.Kons
6.         Deskripsi Umum Prosedur dan Langkah Pelaksanaan KP:
a.        Tahap Penghantaran
·         Menerima klien dengan terbuka dan apa adanya.
·         Bersikap positif terhadap klien bahwasanya klien pada dasarnya adalah baik.
·         Menciptakan suasana yang kondusif demi berlangsungnya proses konseling dengan lancar.
·         Melakukan penstrukturan sebagian karena klien telah pernah melakukan konseling sebelumnya.
·         Meminta klien untuk mengungkapkan permasalahan yang dialaminya.
b.      Tahap Penjajakan
Pada tahap ini terungkaplah bahwa :
·         Klien tidur sekitar jam 11.30 malam.
·         Kegiatan yang dilakukan klien malam hari adalah makan, mengerjakan PR, nonton, membereskan buku – buku dan tidur.
·         Klien memiliki ponsel tapi tidak memanfaatkan alarm ponselnya.
·         Klien bangun jam 6.25 pagi, klien sudah di bangunkan oleh orang tuanya, tapi klien yang susah tidurnya.
·         Menjelang berangkat ke sekolah kegiatan yang dilakukan klien adalah mandi dan memprint tugas.
c.       Tahap Penafsiran
Klien terlambat datang ke sekolah karena telat bangun dan alarm pun tidak dimanfaatkan dan klien pun tidak mampu memanfaatkan waktu dengan baik.
d.      Tahap Pembinaan
·         Klien di ajak untuk berfikir apabila klien terus – terusan terlambat dan tidak mampu memanfaatkan waktu, apa yang akan terjadi dan bagaimana dampaknya terhadap proses belajarnya. Karena bagi siswa yang terlambat baru bias masuk local pada jam ke 3, atau jam 08.45
·         Klien juga diarahkan untuk bisa berfikir rasional bahwa jika tidak ada usaha tentu saja tidak ada hasil.
·         Klien di ajak berfikir mengenai penggunaan waktu nya sehari – hari serta perbaikan yang di inginkannya.
·         Klien diberi motivasi bahwa sesungguhnya klien mampu.
e.       Penilaian
Guru pembimbing memberikan penilaian segera dengan bertanya kepada klien tentang pemahaman baru, perasaan klien, dan apa yang akan dilakukan klien kedepanya setelah konseling.

C.       Evaluasi
Ø  Cara penilaian
Penilaian yang dilakukan terhadap klien adalah dengan cara menanyakan langsung kepada klien yang berkenaan dengan UCA (Understanding, Comfort, Action)
a.       Understanding (Pemahaman)
·         Klien memahami bahwa jika tidak ada usaha maka tidak ada penyelesaian dari masalahnya.
·         Klien memahami bahwa tidak ada salahnya jika ia mencoba untuk merubah penggunaan waktunya sehari – hari.
·         Klien menyadari bahwa datang terlambat ke sekolah menimbulkan kerugian pada dirinya.
b.      Comfort (Perasaaan)
·         Klien menyadari bahwa sikapnya yang sering telat bangun tersebut hanya akan membuatnya rugi karena ketinggalan pelajaran sehingga timbul perasaan yang tidak nyaman dan bahkan akan mengganggu proses belajar berikutnya di kelas.
c.       Pelaksanaan (Action)
·         klien akan tidur siang sepulang sekolah agar tubuh mendapat istirahat yang cukup.
·         Klien akan memasang alarm pada ponselnya
·         Klien akan bangun jam 5.30 pagi.
·         Setelah bangun, klien sholat, mandi, sarapan dan berangkat ke sekolah jam 6.30 WIB.
·         Klien akan melaksanakan kegiatannya tersebut secara rutin.

D.    Tindak Lanjut
Klien diminta untuk melaporkan perkembangannya dan mengkonsultasikannya kembali kepada guru pembimbing berkenaan dengan masalah yang dihadapi klien.


Mengetahui,                                                                                             Padang, 1 Mei 2013
Kepala Sekolah                                   Koordinator BK                           Pelaksana Layanan                        

(                          )                                (                         )                          Fauzi, S.Pd,.Kons                                      
                                                                                                                 NIM. 11060206

0 komentar:

Post a Comment