RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
(RPL)
A. IDENTITAS
Jenis layanan :
Bimbingan Kelompok
Bidang bimbingan :
Pribadi-Sosial
Fungsi layanan :
Pemahaman dan pencegahan
Topik pokok layanan :
Tata krama Terhadap Guru
Sekolah :
SMAN 5 Padang
Kelas/semester :
IX C/ Ganjil
Standar kompetensi : Mengembangkan prilaku positif
sehingga dapat merealisasikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
dasar : Siswa mampu
berprilaku sopan ramah dan baik sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
Alokasi waktu :
1X 45 menit
B. TUJUAN PELAYANAN (Indikator ketercapaian)
Siswa
diharapkan :
1.
Memahami dan mangetahui
pengertian cara beretika dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Mampu memahami dasar-dasar dan
ciri-ciri bertata karma dengan baik
3.
Mampu menerapkan cara beretika
baik terhadap guru atau orang lain.
4.
Mamahami manfaat beretika/bertata
karma .
C. MATERI
PENGEMBANGAN
1. Pengertian
Etika/Tata krama
Tata krama dalam pergaulan merupakan aturan
kehidupan yang mengatur hubungan antar sesama manusia. Tata krama pergaulan
berkaitan erat dengan etiket atau etika.
Menurut bahasa Yunani Kuno, etika berasal dari kata ethikos yang
berarti “timbul dari kebiasaan”.
Dari segi etimologi (asal kata), istilah etika berasal dari kata Latin “Ethicos”
yang berarti kebiasaan. Dengan demikian menurut pengertian yang asli, yang dikatakan baik itu apabila
sesuai dengan kebiasaan masyarakat. Kemudian lambat laun pengertian ini berubah, bahwa etika adalah suatu ilmu yang
mebicarakan masalah perbuatan atau tingkah laku manusia, mana yang dapat
dinilai baik dan mana yang dapat dinilai tidak baik.
Etika juga disebut ilmu normative, maka
dengan sendirinya berisi ketentuan-ketentuan (norma-norma) dan nilai-nilai yang
dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam kamus besar bahasa
Indonesia terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan(1988), etika dirumuskan dalam tiga arti,
yaitu;
1.
Ilmu tentang apa yang baik dan
apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak).
2.
Kumpulan asas atau nilai yang
berkenaan dengan akhlak.
3.
Nilai mengenai benar dan salah
yang dianut suatu golongan atau masyarakat
Etika moral berkenaan dengan kebiasaan berperilaku yang baik dan benar
berdasarkan kodrat manusia. Apabila etika ini dilanggar timbullah kejahatan,
yaitu perbuatan yang tidak baik dan tidak benar. Kebiasaan ini berasal dari
kodrat manusia yang disebut moral.
2. Dasar - dasar
etiket terdiri dari :
a.
Bersikap sopan dan ramah kepada
siapa saja.
b.
Memberi perhatian kepada orang
lain.
c.
Berusaha selalu menjaga perasaan
orang lain.
d.
Bersikap ingin membantu.
e.
Memiliki rasa toleransi yang
tinggi.
f.
Dapat menguasai diri,
mengendalikan emosi dalam situasi apapun
3. Ciri seorang individu yang memiliki Tata Krama yang baik :
a.
Memiliki rasa percaya diri ketika
menghadapi masyarakat dari tingkat manapun.
b.
Tingkah laku dan ucapannya selalu
mempertimbangkan serta mencerminkan perhatian kepada orang lain.
c.
Bersikap sopan, ramah dan selalu
menunjukkan sikap yang menyenangkan dan bersahabat dengan orang lain.
d.
Bisa menguasai diri sendiri dan
selalu berusaha tidak menyinggung, mengganggu, menyakiti perasaan dan pikiran
orang lain.
e.
Selalu berusaha tidak
mengecewakan, membuat gusar apalagi membuat marah orang lain, walaupun diri
sendiri dalam keadaan sedih, kesal, lelah ataupun jenuh.
4. Manfaat
beretika dengan baik dalam kehidupan seorang manusia adalah :
a.
Membuat kita menjadi
disegani, dihormati, disenangi orang lain.
b.
Memudahkan hubungan baik kita
dengan orang lain (Better Human Relation).
c.
Memberi keyakinan pada diri
sendiri dalam setiap situasi.
d.
Menjadikan anda dapat memelihara
suasana yang baik dalam berbagai lingkungan, baik itu lingkungan keluarga,
pergaulan, dan tempat dimana berada.
D. KEGIATAN LAYANAN
No
|
TAHAPAN
|
URAIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
PEMBENTUKAN
|
-
Pembukaan
-
Menerima secara terbuka anggota
kelompok
-
Berdo’a
-
Menjelaskan pengertian, dan
tujuan, cara dan azas- azas dalam bimbingan kelompok
-
Selingan permainan
|
Tanya Jawab
|
2
|
PERALIHAN
|
-
Menjelaskan kegiatan yang akan
di tempuh pada tahap berikutnya
-
Menawarkan kesiapan anggota kelompok
untuk memasuki kegiatan selanjutnya
|
Cek Kesiapan
|
3
|
KEGIATAN
|
-
Pemimpin kelompok mengemukakan
suatu topik untuk di bahas oleh kelompok
-
Menggunakan teknik diskusi
kelompok
-
Tanya jawab antara pemimpin dan
anggota kelompok tentang topik yang dikemukakan.
-
Anggota membahas topik yang
ditugaskan
|
Diskusi
|
PENGAKHIRAN
|
-
Pemimpin kelompok menjelaskan
kegitan kelompok akan segera diakhiri
-
Menyampaikan pesan dan kesan
dari hasil kegiatan anggota kelompok
-
Membahas kegiatan lanjutan
-
Do’a penutup
|
Penutup
|
E. METODE LAYANAN
· Diskusi
F. ALAT BANTU
·
Kertas
·
Labtop
·
Papan tulis
·
Kapur tulis
G. PENILAIAIAN
Laiseg
·
Siswa dapat
memahami pentingnya beretika dengan baik terhadap guru
ataupun orang lain.
·
Siswa dapat
memahami dasar-dasar dan cirri-ciri beretika dengan baik
·
Siswa dapat menyadari mamfaat
berprilaku sopan santun terhadap orang disekitarnya.
Perilaku jangka
pendek
·
Siswa dapat menerapkan tingkah laku yang bermanfaat.
Perilaku jangka
panjang
·
Siswa dapat
mengembangkan perilaku positif dengan etika yang baik dalam kehidupan
sehari-hari dan lebih bermakna dalam setiap bertingkah laku.
Padang, 20
Oktober 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah Koordinator BK Guru
BK
0 komentar:
Post a Comment